Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat RAB Proyek

RAB atau rencana anggaran biaya merupakan salah satu aspek penting dalam pembuatan sebuah konstruksi atau proyek-proyek dalam bidang lainnya. Hal ini disebabkan karena pembangunan RAB yang baik dapat membantu menjelaskan bagaimana, proyek di masa depan. Apakah proyek dapat berjalan dengan lancar, bagaimana kualitas proyek tersebut, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kelangsungan proyek tersebut. Dalam pengembangan RAB ini anda perlu tahu hal hal yang perlu di perhatikan dalam membuat RAB proyek. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan era ini antara lain adalah :

 

Buat perencanaan proyek yang matang 

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika ingin membuat sebuah RAB adalah merencanakan proyek anda dengan matang. Perencanaan proyek yang tidak matang akan menyebabkan banyak biaya-biaya yang tidak tercover dalam RAB yang anda buat. Oleh karena itu, untuk anda yang ingin membuat RAB yang berkualitas dan dapat dijadikan sebagai landasan pembuatan proyek anda maka pastikan perencanaan bangunan yang akan anda buat dilakukan dengan matang dan serius.

 

Lakukan perhitungan secara realistis

Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan ketika ingin membuat RAB yang berkualitas adalah dengan memastikan bahwa penghitungan yang anda lakukan didasari pada hal-hal yang jelas. Ketika anda akan melakukan penghitungan biaya-biaya yang dibutuhkan dalam proyek anda, hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan riset.

Riset adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan agar anda bisa mengetahui berapa satuan harga-harga yang anda butuhkan dalam proyek anda. Contohnya ketika anda akan menghitung biaya pasir yang dibutuhkan dalam bangunan anda, anda bisa melakukannya dengan melakukan riset terhadap harga pasir pada vendor-vendor yang anda kenal. Selain melakukan riset secara offline, anda juga bisa melakukan riset tersebut secara offline pada vendor-vendor lain yang mungkin tidak anda kenal tapi dapat memberikan harga yang lebih murah.

 

Gunakan satuan pekerjaan yang jelas

Setelah anda melakukan riset dan mampu menghitung biaya secara realistis, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan penghitungan biaya dengan menggunakan satuan. Pada sebuah kegiatan proyek, satuan yang digunakan biasanya adalah satuan m2, m3 ataupun satuan unit. Mengetahui satuan yang digunakan dalam penghitungan biaya ini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk membangun RAB yang lebih kredibel dan profesional.

 

Perhatikan mengenai biaya biaya tambahan

Jika keseluruhan biaya dalam pembangunan proyek yang anda susun sudah selesai, maka hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah melakukan rekapitulasi. Rekapitulasi adalah sebuah upaya untuk menghitung keseluruhan biaya proyek yang mungkin harus anda keluarkan. Akan tetapi ketika anda melakukan penghitungan rekapitulasi ini, perhatikan biaya-biaya yang anda masukkan bukan hanya biaya pembangunan dan tenaga bangunan yang akan anda gunakan.

Selain biaya-biaya yang berhubungan dengan hal-hal tersebut, anda juga perlu memperhatikan biaya biaya tambahan yang mungkin akan dikenakan pada proyek anda. Contohnya adalah biaya untuk meminta perizinan, biaya untuk hal-hal yang tidak terduga, dan masih banyak yang lainnya. (Terrant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *