Mengenal Jenis Jenis Alat Pelindung Konstruksi

Tidak hanya dokter saja yang membutuhkan APD ketika merawat pasien, namun para kontraktor bangunan juga membutuhkan APD atau Alat Pelindung Diri, ketika bekerja. Mengingat pekerjaan seorang kontraktor, dan orang-orang yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut, sangat rentan akan hal-hal yang mampu mencelakakan dirinya sendiri atau bahkan rekan lainnya. Lalu jenis jenis alat pelindung konstruksi apa saja yang seharusnya dikenakan oleh seorang kontraktor bangunan :

1. Safety Helmet

Seperti namanya, ini adalah helm pelindung kepala, dari berbagai macam hal yang mampu mencederai kepala itu sendiri. Karena seperti diketahui bersama, seorang pekerja bangunan, sangat rentan, akan tertimpa berbagai macam benda, yang ada di sekitar konstruksi bangunan tersebut.

 

2. Safety Belt

Ini adalah alat yang akan melindungi diri Anda ketika bekerja di atas ketinggian, misalnya sedang memperbaiki atau membangun lantai atas. Dengan adanya alat yang satu ini, maka Anda tidak akan jatuh ke bawah dengan mudah.

 

3. Safety shoes

Ini adalah salah satu jenis sepatu, yang banyak digunakan oleh para pekerja bangunan. Sepatu ini mampu melindungi para pekerja dari berbagai macam kecelakaan fatal, seperti kaki yang mungkin terkena benda tajam, atau berat, terkena cairan kimia tertentu atau yang lainnya. Umumnya bahan yang digunakan untuk jenis sepatu ini adalah kulit atau imitasi, yang didalamnya sudah dipasang besi sebagai pelindung kaki.

 

4. Sepatu karet

Ini adalah sepatu yang juga didesain khusus untuk para pekerja, baik itu pekerja bangunan, pekerja kebun atau yang lainnya. Terutama mereka yang bekerja di area basah / becek. Mengingat sepatu jenis ini, mudah dibersihkan, karena terbuat dari bahan karet. Sepatu jenis ini juga nyaman untuk digunakan, dan mampu melindungi kaki dari berbagai macam hal yang mampu membahayakan kaki Anda.

 

5. Sarung tangan

Ini adalah salah satu alat yang mampu melindungi tangan, terutama telapak tangan, dari hal-hal yang mampu mencederai tangan itu sendiri. Misalnya saja luka gores, luka iris atau yang lainnya. Adapun bentuk dan bahan dari sarung tangan tersebut sangat beragam, tentunya masing-masing disesuaikan dengan pekerjaan yang akan dilakukan.

 

6. Masker

Seperti halnya dokter, alat yang satu ini, berfungsi untuk melindungi mulut dan hidung dari udara yang ada di lingkungan kerja. Yang umumnya berdebu, atau bahkan berpolusi. Hal ini dilakukan agar udara yang masuk ke dalam hidung nantinya akan tersaring, dan udara yang terhirup nantinya jadi lebih baik.

 

7. Jas hujan

Seperti umumnya jas hujan, alat yang satu ini, berfungsi untuk melindungi para pekerja dari cipratan air ketika dirinya sedang bekerja.

 

8. Kacamata pengaman

Tidak seperti jenis jenis alat pelindung konstruksi, sebelumnya, walaupun tidak semua pekerja bangunan menggunakannya, namun alat yang satu ini juga terkadang digunakan. Fungsinya untuk melindungi mata ketika sedang bekerja. Terutama pekerja yang sedang mengelas salah satu bahan bangunan.  Selain jenis jenis alat pelindung konstruksi, yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa alat lainnya yang terkadang juga digunakan ketika para pekerja bangunan sedang bekerja, seperti penutup telinga, pelindung wajah, dan juga pelampung.

 

(Terrant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *