Terrant.id, Portal Berita HSE yang Digagas Kaum Milenial

Terrant Talks 1.0 bertajuk “Budaya HSE dalam Keseharian Mahasiswa sebagai Modal Produktivitas Berkarya di Dunia Industri,” merupakan webminar yang diselenggarakan Terrant.id, Minggu (30/8/2020) pagi. (Foto: Terrant.id/Hasanuddin)

 

JAKARTA, Terrant.id – Perilaku aman dan sehat belum menjadi bagian dari kehidupan keseharian masyarakat Indonesia. Berbagai perilaku tidak aman dan tidak sehat masih begitu mudahnya dijumpai dan selama ini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat.

Membuang sampah tidak pada tempatnya, mengendara sepeda motor tanpa mengenakan helm, memacu kendaraan secara ugal-ugalan, menumpuk kabel pada satu terminal listrik, tidak mengenakan sepatu keselamatan di lokasi proyek, hanyalah sebagian kecil dari begitu banyaknya contoh perilaku tidak aman dan sehat yang masih banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia.

Berbagai perilaku tidak aman dan tidak sehat itu tidak hanya akan merugikan diri sendiri, tetapi juga orang lain, masyarakat, lingkungan, tempat kerja, perusahaan, dan negara dalam skala yang lebih luas.

Perilaku membuang sampah tidak pada tempatnya, misalnya, tak hanya menimbulkan polusi udara akibat aroma bau busuk yang berasal dari tumpukan sampah. Lebih dari itu, akan menggangu kesehatan dan memicu timbulnya banjir ketika musim hujan tiba.

Peristiwa banjir yang setiap tahun melanda kota Jakarta, akan melahirkan dampak secara multi dimensi. Banjir tak sekadar membuat keluarga dan kerabat korban larut dalam kesedihan mendalam, tapi memaksa ribuan orang mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Banjir tak hanya dirasakan oleh masyarakat yang menjadi korban secara langsung, tapi juga memaksa kantor-kantor dan perusahaan-perusahaan berhenti beraktivitas dan berproduksi. Perekonomian lumpuh. Selama banjir melanda, kerugian ekonomi akibat banjir di Jakarta mencapai triliunan rupiah setiap tahunnya.

Dampak multi dimensi dari banjir tersebut merupakan contoh dari salah satu perilaku tidak aman dan sehat yang dilakukan masyarakat yaitu membuang sampah tidak pada tempatnya. Bagaimana dengan dampak yang timbul akibat perilaku menumpuk kabel pada satu terminal listrik di rumah, memacu kendaraan secara ugal-ugalan di jalanan, dan berbagai perilaku tidak aman dan tidak sehat lainnya?

 

Portal Informasi & Edukasi HSE

Berbagai perilaku tidak aman dan tidak sehat yang telah menjadi mindset di masyarakat itu harus diubah. Tentu bukan perkara gampang mengubah sesuatu yang selama ini sudah menjadi kebiasaan (habit).

Tetapi dengan sosialisasi dan edukasi yang dilakukan secara massif, terus-menerus, dan berkesinambungan, perubahan itu bukan tidak mungkin terjadi. Mengubah mindset bukan sesuatu yang mustahil dilakukan.

Fakta memprihatinkan di masyarakat Itu menjasi salah satu alasan yang mendorong sejumlah kaum milenial yang dipelopori Pradipta Anugrah Driatama (24) dan Mubayyinul Haq (24) mendirikan Terrant.id news and media.

Sebagai portal berita, Terrant.id merupakan media massa berbentuk media online atau media siber di Indonesia yang berfokus pada pemberitaan seputar dunia HSE (Health, Safety, and Environment).

Sebagai portal berita khusus (segmented media) Terrant.id akan menyajikan aneka informasi aktual terkait HSE dalam bentuk berita (news) dari suatu peristiwa yang terjadi. Informasi berita itu akan terus diup-date dari waktu ke waktu sehingga pengunjung mendapat informasi teraktual.

Informasi berita atas suatu peristiwa yang disajikan Terrant.id akan selalu berlandaskan sudut pandang HSE. Inilah yang membedakan Terrant.id dari media-media online lainnya ketika memberitakan suatu peristiwa yang sama.

Terrant.id tak sekadar menginformasikan peristiwa yang baru terjadi. Tetapi juga mengulasnya dari berbagai sisi dengan menghadirkan para narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Lalu memberikan lesson learned dari suatu peristiwa supaya peristiwa serupa tidak terulang terjadi di kemudian hari.

Terrant.id juga akan melengkapi pemberitaannya dengan berbagai tips & trik keselamatan supaya masyarakat terhidar dari berbagai hal yang tidak diharapkan terjadi. Mencegah kecelakaan dan penyakit, adalah prinsip utama dalam pemberitaan Terrant.id.

“Kehadiran Terrant.id diharapkan bisa meningkatkan awareness di masyarakat tentang HSE pada umumnya dan K3 pada khususnya, dalam upaya mewujudkan terciptanya budaya HSE/K3 di masyarakat Indonesia,” kata Mubayyinul Haq, co-founder Terrant.id, ketika membuka acara Terrant Talks 1.0 yang disiarkan secara live melalui aplikasi zoom pada Minggu (30/8/2020) pagi.

Mubayyinul Haq, co-founder Terrant.id. (Foto: Terrant.id/Hasanuddin)

Dalam webinar bertajuk “Budaya HSE dalam Keseharian Mahasiswa sebagai Modal Produktivitas Berkarya di Dunia Industri” itu hadir empat narasumber yang pakar di bidangnya masing-masing. Yaitu Ir Bimo Prasetyo, MM (Kadiv QHSE PT Wijaya Karya/Ketua Umum Forum QHSE BUMN Konstruksi); Soehatman Ramli, SKM, Dipl SM, MBA (pakar safety/Direktur WSO Indonesia), Prof Dr Santoso, dr MS, SpOK (Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Vokasi K3 Indonesia), dan Fadli Kahfi, SKM, MKes (anggota Komisi V DK3N).

Acara webminar yang dipandu Said Fariz Hibban ini diikuti 180 perserta dari seluruh Indonesia dan berlangsung menarik. Tak pelak, dari waktu dua jam yang dijadwalkan (09.00 – 11.00 WIB), waktu penyelenggaraan Terrant Talks 1.0 berlangsung selama 3 jam. (Hasanuddin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *